Minggu, 07 Februari 2010

Healthy Miss "V"

FYi, our miss “V” alias vagina itu sangat rentan terhadap infeksi lho. Ini disebabkan karena batas antara uretra (lubang tempat keluarnya air seni) dengan anus dekat sekali, sehingga kuman penyakit seperti jamur, bakteri, parasite, maupun virus, gampang masuk keliang miss “V”. Ditambah lagi kita hidup di daerah tropis yang lembab, yang merupakan tempat subur bagi perkembangan jamur. Maka itu kita wajib untuk lebih perhatian sama bagian tubuh yang satu ini.



Vagina Infection
Infeksi terhadap miss “V” bisa terjadi jika keadaan ekosistem di dalamnya tidak seimbang, misalnya jika tingkat keasaman menurun. Ini menyebabkan pertahanan alamiah juga ikut turun, dan rentan kena infeksi. Bagaimana supaya ekosistem miss “V” kita seimbang? Caranya adalah dengan menjaga suasana asam pada miss “V” anda, yaitu dengan (pH) di kisaran 3,8 - 4,2. Dengan tingkat keasaman ini, lactobacillus (bakteri baik) akan tumbuh subur dan bakteri pathogen alias bakteri yang menyebabkan penyakit akan mati. Kurang dari 3,8 akan menyebabkan lactobacillus mati, sedangkan lebih dari 4,2 akan menyebabkan jamur akan berkembang biak dan mengalahkan lactobacillus.

6 Faktor penyebab ketidakseimbangan pH miss "V"

1. Poor Hygiene
Kurang terjaganya kebersihan miss “V”

2. Illness
Penyakit diabetes mellitus, stress, atau diet yang tidak sehat.

3. Drugs
Penggunaan antibiotic berkepanjangan atau pemakaian kontrasepsi oral.

4. Low Levels of Lactobacillus
Beberapa wanita memang kekurangan bakteri lactobacillus dalam vaginanya.

5. Sperm
Miss “V” butuh usaha ekstra untuk mengembalikan tingkat keasaman ke angka normal setelah bersentuhan dengan sperma. Oleh karenanya, sering bergonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom dapat menyebabkan vaginosis yaitu peningkatan bakteri jahat di dalam miss “V”.

6. Douching
Proses pembersihan vagina melalui penyemprotan cairan langsung ke bagian dalam miss “V”. Proses ini biasanya dilakukan untuk mengurangi bau tak sedap.

4 Sexually Transmitted Diseases, you should know!

1. Gonorrhea
Disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Pada perempuan, Gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfekesi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.

2. Klamidia
Penyakit kelamin di sebabkan oleh Chlamydia trachomatis. Gejalanya pada perempuan adalah keputihan encer berwarna putih kekuningan dan rasa nyeri di rongga panggul.

3. Trichomoniasis Vaginalis
Trikomoniasis disebabkan oleh parasite Trichomoniasis Vaginalis.
Gejalanya adalah:
Miss “V” mengeluarkan cairan encer, berwarna kuning kehijauan , berbusa dan berbau tak sedap.
Vilva agak bengkak, kemerahan, gatal dan terasa tidak nyaman Nyeri saat buang air kecil.

4. Candidiasis Vagina
Penyakit keputihan yang di sebabkan oleh jamur Candisa albicans. Gejalanya; Keputihan berwarna putih seperti susu, bergumpal, disertai rasa gatal dan panas juga kemerahan pada area miss “V” dan sekitarnya.


Maintain a Healthy Miss “V”

Good Healthy Diet
Jangan terlalu banyak makan makanan yang megnandung gula dan perbanyak konsumsi yogurt.

Wear Cotton Underwear
Jangan gampang tergoda underwear yang lucu-lucu tapi bahannya tidak baik untuk kesehatan miss “V”. Pili bahan katun yang sangat baik menyerap keringat. Sehingga miss “V” tetap terjaga kelembabannya.

Keep it Clean
Cara yang paling aman adalah dengan membasuh bagian di antara vulva (bibir mis “V”) secara hati-hati dengan menggunakan air bersih sesudah buang air kecil.
Cara membasuh yang benar adalah dari arah depan (miss “V”) ke belakang (anus), jangan terbalik, karena akan menyebabkan bakteri yang ada di sekitar anus terbawa ke depan.

Non-perfumed is better
Kalaupun anda memilih untuk membersihkan miss “V” bagian luar dengan cairan khususnya, pilih yang tidak mengandung pewangi yang berlebihan.

Avoid tight-fitted clothing
Sebisa mungkin hindari pemakaian celana ketat terlalu lama, seperti bicycle pants, baju renang, baju senam dan celana ketat lainnya karena membuat miss “V” sulit bernafas.

Don’t Scratch
Gatal adalah salah satu tanda infeksi, menggaruk akan membuat keadaan semakin buruk. Lebih baik langsung ke dokter!.

Sumber: Berbagai Sumber

Gabung sekarang juga ke group-ku kalo ingin jadi Cantik & punya penghasilan tambahan :) Isi FORM ini ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar