Senin, 01 Februari 2010

Tips memilih Perfume

PERFUME/PARFUM sudah menjadi bahan perlengkapan tubuh, yang bisa mendukung pesona seseorang. Pilihan penggunaan parfum, juga bisa menunjukkan bagaimana orang itu memperhatikan kesempurnaan fisiknya. Pada awalnya, parfum berperan sebagai pengganti feromon tubuh. Tetapi akhirnya, parfum juga berfungsi sebagai pelengkap dari penampilan seseorang, agar lebih meyakinkan. Feromon merupakan semacam aroma khas, yang muncul dari tubuh manusia.



Fungsi alamiah feromon, sebagai aroma pembeda yang juga berlaku untuk memikat pasangan lawan jenis. Karena berfungsi untuk memikat lawan jenis itu, tidak setiap orang tertarik dengan aroma feromon tertentu. Bahkan, berbagai aroma feromon tubuh, kini telah diasumsikan secara negatif sebagai bau badan tak sedap.

Tentu saja sangat tidak nyaman, apabila penampilan kita yang sudah sempurna ternyata harus drop, hanya karena muncul bau badan yang tak sedap. Solusinya, tentu saja dengan mengalihkan aroma feromon tubuh tersebut, dengan aroma-aroma parfum yang khas.

Dalam perkembangan dunia parfum, ada jenis-jenis parfum yang dibuat untuk konsumsi publik secara luas, sehingga bisa dinikmati secara massal. Tetapi, ada juga parfum yang diciptakan secara eksklusif, sehingga yang memilikinya terbatas pada beberapa orang saja.

Bagaimana cara memilih parfum yang sesuai dengan kepribadian?
Berikut beberapa tips ringan bagi Anda :







1. Kenali aroma yang Anda inginkan.
Tulislah beberapa minyak wangi yang dulu pernah Anda pakai, dan kelompokkan ke dalam beberapa tipe keharuman. Misalnya yang memiliki aroma bunga dimasukkan ke dalam tipe romantis, sedangkan aroma buah-buahan ke dalam tipe dinamis. Dari sana, Anda bisa mempersempit pilihan dari tipenya, manakah yang sekarang Anda inginkan?

2. Jangan mengenakan parfum saat Anda mendatangi counter parfum.

3. Lakukanlah tes.
Awali dengan menyemprotkan beberapa parfum pilihan di kertas karton yang biasa disediakan di gerai minyak wangi. Setelah Anda persempit kembali pilihannya, baru Anda lakukan tes pada kulit Anda. Hal ini penting untuk dilakukan karena setiap wewangian menimbulkan reaksi yang berbeda pada kulit setiap orang. Semprotkan pada 3 bagian utama : pergelangan tangan, siku bagian dalam dan punggung tangan. Tunggu sampai 15 menit hingga aromanya benar-benar 'menyatu'.

4. Usapkan atau semprotkan sedikit parfum yang Anda sukai, lalu berjalanlah berkeliling selama sekitar 15 menit. Hal ini akan memberi waktu bagi parfum untuk menyesuaikan dengan aroma tubuh Anda. Selama beberapa menit ini alkohol akan memudar, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengetahui wangi yang sebenarnya.

5. Setelah 15 menit, hiruplah bagian kulit dimana Anda menyapukan parfum. Apakah Anda masih menyukai harumnya? Jika tidak, kembalilah ke rak tempat memajang parfum. Anda bisa mencari parfum yang lain, namun simpan dulu jenisnya. Jangan mencoba dua macam parfum pada saat bersamaan, karena Anda akan sulit menemukan wangi yang Anda inginkan.

6. Pilih 'pemenangnya'.
Bagaimana Anda tahu pilihan yang paling tepat untuk Anda? Bila aroma parfum tersebut dapat 'mengangkat' mood Anda begitu dihirup, than it is the one!

7. Begitu Anda telah memilih satu parfum tertentu dengan melakukan tes 15 menit tadi, bila memungkinkan, mintalah sampel parfum tersebut. Kenakan parfum selama sehari sebelum membelinya, untuk melihat berapa lama daya tahannya. Ingat, parfum adalah semacam investasi. Anda tak ingin menghabiskan banyak uang hanya untuk melihat parfum tersebut teronggok di dalam kotaknya bukan?

Setelah Anda membeli parfum, Anda juga tetap harus memperlakukan parfum tersebut dengan semestinya. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Dos:
1. Anda tak perlu memakai satu parfum yang sama terus-menerus. Miliki beberapa jenis parfum untuk dipakai berganti-ganti. Sebaiknya Anda memilih wangi yang lebih ringan untuk kondisi apa pun, dan semprotkan beberapa kali dalam sehari. Udara panas akan membuat wangi parfum memudar lebih cepat, sedangkan udara dingin menguatkan aromanya.
2. Sebaiknya beli parfum pada sore hari, ketika indera penciuman Anda tengah berada di puncaknya.
3. Gunakan lebih banyak parfum bila kulit Anda tergolong kering. Anda harus menyemprotkan parfum lebih sering daripada orang yang kulitnya cenderung berminyak.
4. Gunakan parfum setelah Anda mandi dan mengeringkan tubuh dengan sempurna.

Don'ts:
1. Jangan memakai parfum berlebihan. Parfum yang terlalu tajam akan membuat atasan Anda pusing seharian.
2. Jangan menyemprotkan parfum di dekat mutiara atau perhiasan lain, karena parfum mengandung alkohol yang dapat membuat merusak perhiasan tersebut.
3. Jangan mengkombinasikan parfum dengan deodoran atau sabun deodoran. Kombinasi aromanya akan menjadi tidak menyenangkan.
4. Jangan menggosok parfum yang baru disemprotkan ke kulit. Menggosok akan merusak molekul, dan mengubah lapisannya.
5. Parfum biasanya akan berakhir setelah tiga tahun (sejak diproduksi). Jangan menyimpan botol parfum dimana akan terekspos suhu tinggi atau sinar matahari. Bahkan, cologne dan eau de toilette sebaiknya disimpan di dalam lemari es untuk meningkatkan daya tahannya.

Here some cute quiz to find what is your fragrance style :)



Sumber: dari berbagai Sumber
This blog is powered by www.bukanbundabiasa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar